Saturday 2 April 2016

AURATPUN DIUMBAR DEMI SEBUAH PUJIAN DAN LIKE BANYAK DI MEDIA SOSIAL (MEDSOS)


Bismillahirrahmanirrahim...

Assalamualaikum wr.wb.


    Selamat pagi para sabahat informasi yang telah setia membaca artikel saya. pada kesempatan kali ini izinkan saya membahas atau menceritakan lebih tepatnya tentang realita di zaman sekarang terkait dengan internet. Siapakah sih di zaman sekarang ini yang tak kenal dengan internet, pasti semua orang mengenalinya, dengan internet semua informasi baik disekitar kita ataupun di seluruh dunia bisa kita dapatkan dengan cepat atau dengan sekejap, manusia memanfaatkan internet dengan berbagai macam, ada yang menggunakan kegiatan tersebut dengan negatif dan ada juga dengan positif. Dengan berbagai fasilitas internet yang digunakan oleh manusia, ada satu hal yang menarik perhatian penulis. aktivitas tersebut sebetulnya sepele akan tetapi dengan melakukan aktivitas tersebut manusia akan mempunyai mood yang tinggi serta kebahagian ataupun sifat suka dari segi psikologi dan merasa bangga, iya fasilitas tersebut meng-UPLOAD foto maupun video di media sosial. Hayo siapa yang suka beginian :p

    Sahabat informasi seperti yang telah kita ketahui sekarang ini telah terdapat banyak media sosial, mulai dari facebook, twitter, instagram, BBM, whatapps dan masih banyak lagi, dari beberapa media sosial tersebut, aktivitas yang digemari oleh manusia yaitu meng-UPLOAD foto maupun video, memang terasa tidak aneh sih dan wajar-wajar saja, sayapun suka banget dengan aktivitas meng-UPLOAD foto maupun video, akan tetapi menurut penulis meng-UPLOAD foto maupun video juga ada batas-batasnya lho sahabat informasi, jangan sampai kita lupa disaat kita meng-UPLOAD foto maupun video sampai membuka aurat-aurat kita, jangan sampai kita meng-Upload foto maupun video orang lain menimbulkan fitnah karena foto sama lawan jenis, jangan sampai dengan meng-UPLOAD foto maupun video orang lain menjadi BAPER terhadap kita. BAPER (Bawa Perasaan) hahahah. Biasanya hal ini dilakukan oleh kaum hawa, walaupun tidak menafikan juga hal seperti ini juga dilakukan oleh kaum adam.

    Baik kaum hawa maupun kaum adam didalam agama Islam kita dilarang untuk mengumbar aurat kita, apalagi aurat kita dilihat oleh orang banyak lho klau kita mng-UPLOAD di internet, seperti yang telah tercantum didalam Al-qur'an surah al-a'raf ayat 27 yaitu:
  

   Artinya: Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di Setiap (memasuki) mesjid, Makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.

    Yang dimaksud dengan kata ‘perhiasan’ dalam ayat ini adalah pakaian yang menutupi aurat, sebagaimana dikatakan oleh Ibnu Abbas Radhiyallahu anhu, Mujahid rahimahullah dan yang lainnya.[1] Terlepas dari itu semua pakaian merupakan penghias bagi manusia, ia juga merupakan tanda kemajuan sebuah peradaban yang tinggu serta sesuatutanda akan sebuah kesopanan, sebalikya jika semakin seseorang menggunakan pakaian dengan menggumbar auratnya atau berpaikan minim atau lebih tepatnya ketat berarti secara logika orang tersebut kembali kezaman dahulu (zaman jahiliyyah), dimana zaman dimana pakaian merupakan hal yang mahal dan sulit untuk mendapatkannya

    Oleh karena itu, setan selalu menggoda manusia agar menanggalkan pakaian, penutup auratnya, sementara Allah SWT mewanti-wanti agar manusia tidak tertipu dengan godaan syaitan. Disamping didalam agama Islam memberikan perintah menutup aurat, Islam juga mengeluarkan larangan membuka aurat, sebagaimana sabda Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam :

إِنَّا نُهِيْنَا أَنْ تُرَى عَوْرَاتُنَا

Artinya : Sesungguhnya kami dilarang bila aurat kami terlihat.[2]

   Dari beberapa uraian diatas, kita bisa mengambil kesimpulan, bahwa Islam memerintahkan menutup aurat, dan melarang mengumbarnya. Dan yang perlu digaris bawahi yaitu tidaklah agama Islam memerintahkan sesuatu melainkan terdapat maslahahnya (kebaikannya), sebaliknya Islam tidak akan melarang sesuatu melainkan karena ada bahaya bila dilakukannya. Begitu pula dalam tindakan mengumbar aurat, terdapat banyak sekali bahaya yang ditimbulkannya, baik bahaya yang dirasakan di dunia ini maupun bahaya yang akan dirasakan di akhirat nanti (audzubilahimindhalik), baik bahaya tersebut hanya berdampak pada individu pelakunya atau bahaya menjalar ke anggota masyarakat luas.

    Didalam realitanya banyak dimedia sosiak terutama facebook serta instagram banyak yang mengumbar foto yang memperlihatkan auratnya demi sebuah kepuasan serta like yang banyak dari orang-orang sesama pengguna media sosial, apa meraka tidak berfikir akibatnya dalam jangka panjangnya. bahkan ada yang dalam kesehariannya menundukkan kepala ketika bertemu berlawanan jenis, akan tetapi di media sosial keelokan wajah serta tubuhnya bisa dilihat oleh lawan jenisnya secara puas, bahkan sepuas puasnya sampai menimbulkan sebuah nafsu hingga menghasilkan masalah yang begitu komplek. Ya begitulah memang terdapat godaan yang banyak sekali yang dialami oleh manusia, karena pada dasarnya manusia membutuhkan sebuah pengakuan atau eksistensi dari orang lain maka dari itu manusia melakukan semua hal demi pengakuannya tersebut sampai-sampai keluar dari batas-batas yang telah ditentukam oleh agama.

    Sahabat informasi yang setia, alahkah baiknya jika kita selalu menutup aurat baik ketika menjalankan aktivitas seperti biasa ataupun ketika meng-UPLOAD foto maupun video khususnya bagi kaum muda yang kaum tua??? udah g pada nafsu hehehe (Just Kidding) tidak apalah mengupload foto akan tetapi harus memenuhi batas-batasnya lho seperti sopan santun dan tentu saja aurat ya dan jangan sampai menciptakan fitnah ataupun BAPER (baper lagi deh bawaannya) hehehe. Apalah sebuah arti Like yang banyak jika kita memiliki dosa yang banyak atau jika kita mengumbar aurat, apalah arti sebuah like jika lebih banyak mudhoratnya dari pada maslahahnya, dan apalah arti sebuah like jika kita hanya hidup sementara di Dunia ini. ingat sahabat informasi masih terdapat kehidupan yang kekal lho, yap kehidupan di dunia akhirat.

    Dapat diambil kesimpulan para sahabat informasi jika mau meng-UPLOAD foto ataupun Video harus hati-hatinya, pikir dahulu sebelum bertindak, pikir dahulu sebelum meng-UPLOAD foto maupun video, kebuka atau tidak auratnya, kebawa fitnah g jika foto ini ataupun itu di upload, dan masih banyak lagi hal-hal yag harus dipikir ulang sebelum mengupload foto maupun video di Media Sosial (MedSos) hehehe... lebih banyak mudharatnya (keburukannya) atau lebih banyak maslahahnya (kebaikannya). INGAT teman-teman sahabat informasi. Berpikir dahulu sebelum bertindak dan mengambil keputusan. Itulah hal yang bisa saya sampaikan bagi sahabat setia sahabat informasi. See You Later Guys...

Wallahu a'lam Bishawab 


Wassalamu alaikum wr.wb.

    





[1] Lihat Tafsir Thabari (12/391), Tafsir al-Baghawi (3/225), dan Tafsir Ibnu Katsîr (3/405)
[2] HR. al-Hâkim (3/222), dan kandungan maknanya dishahihkan oleh Syaikh al-Albâni rahimahullah dalam Silsilatu al-Ahâdîtsus Shahîhah (4/281-282).

    

    

No comments:

Post a Comment